10 Makanan terbaik untuk kesehatan otak

Posted by Muhammad Ridwan on Friday, August 24, 2012

Makanan bergizi dan seimbang tentu saja bagus untuk tubuh kita namun untuk bagian tubuh tertentu membutuhkan nutrisi khusus, sebut saja otak kita. Otak merupakan organ tubuh paling penting, berperan sebagai komputer pengendali seluruh bagian tubuh, seperti untuk mengingat, konsentrasi, mengantuk, mempelajari pengetahuan baru, dan sebagainya. Otak memerlukan 50% dari seluruh kebutuhan energi atau tenaga dalam tubuh. Kurangnya nutrisi otak, seperti multivitamin, asam amino dan mineral, sangat mempengaruhi daya maksimal otak. maka dari itu kita memerlukan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan otak kita, berikut ini 10 makanan terbukti meningkatkan kesehatan otak Anda serta memastikan otak Anda berfungsi dengan baik setiap hari : 

1. Tiram

Percobaan telah menunjukkan bahwa tiram sangat bagus untuk otak Anda, tidak peduli usia Anda.  Karena mereka kaya zinc serta zat besi, makanan ini akan membantu anda untuk menjaga pikiran Anda tajam dan meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat informasi dengan mudah. Zinc dan zat besi telah dikaitkan dengan kemampuan otak untuk tetap fokus dan mengingat informasi. kekurangan zinc dan zat besi dapat mengakibatkan penyimpangan memori, konsentrasi yang buruk, dan tentu saja penyakit lain di seluruh tubuh.

2. Biji-bijian


Jika Anda pernah mencoba untuk menurunkan berat badan, Anda tahu betapa biji-bijian yang sehat untuk tubuh Anda, namun, mereka juga makanan yang baik bagi otak Anda. Gandum, dedak, dan gandum memiliki isi yang tinggi folat, seperti halnya beras merah, oatmeal, roti gandum, barley, dan lain-lain. Semua makanan ini bekerja untuk meningkatkan aliran darah ke otak yang berarti kualitas yang lebih tinggi dan kuantitas fungsi otak.

3. Tea


Lupakan kopi di pagi hari-cobalah secangkir teh! Teh hijau atau hitam baru diseduh sangat bermanfaat bagi otak Anda karena penuh catechin. Pernahkah Anda mengalami hari di mana Anda hanya merasa lemah, lelah, dan "terlalu malas" untuk berpikir? Mungkin karena Anda kurang catechin dalam otak Anda. catechin  sangat bagus untuk menjaga pikiran Anda tajam, segar, dan berfungsi dengan baik. Mereka tidak hanya menjaga otak Anda bekerja dengan baik, mereka juga memungkinkan untuk rileks dan membantu untuk memerangi kelelahan mental. 

4. Telur


Ketika kita semakin tua, otak kita mulai menyusut karena sesuatu yang disebut atrophy (terhentinya pertumbuhan otak).  Namun, kita bisa melawan proses alami ini dengan mengonsumsi telur. Hal ini karena telur penuh dengan vitamin B12 serta lesitin. Vitamin B12 membantu melawan penyusutan otak. Telur, meskipun sangat tidak sehat jika Anda makan terlalu banyak karena penuh dengan asam lemak esensial. Kuning telur, meskipun sangat tinggi kolesterol, juga tinggi akan kolin, yang merupakan blok bangunan yang sangat penting dari sel-sel otak. Kolin dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda. Sementara makan terlalu banyak telur bisa berakibat buruk bagi kesehatan Anda, makan produk telur 1-2 hari dapat menjadi makanan yang baik bagi otak.

5. Kari


makanan pedas ini adalah cara yang bagus untuk membumbui otak Anda dan tetap segar. Sebuah bahan utama dalam bubuk kari, curcumin penuh antioksidan yang membantu melawan penuaan otak dan memelihara fungsi kognitif saat usia bertambah. Antioksidan juga berjuang melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat terjadi di dalam otak serta tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan dan penyakit lain dalam tubuh. kari tidak hanya baik untuk otak anda, juga dapat melawan diabetes dan penyakit jantung. Anda tidak harus memiliki kari untuk makan siang dan makan malam setiap hari, jumlah terkecil kari sebulan sekali dapat sangat bermanfaat untuk otak Anda.

6. berries (buah berry dan sejenisnya)


Jika Anda bukan seeorang pencinta sayuran, Anda dapat mengandalkan buah, terutama buah, untuk meningkatkan kesehatan otak Anda. Sebagai contoh, blueberry dikenal untuk peran mereka dalam meningkatkan keterampilan motorik serta kemampuan belajar secara keseluruhan. Mereka sering disebut berry terbaik untuk otak Anda, dan hari ini Anda dapat melihat kebanyakan produk yang menggunakan blueberry. Kebanyakan berry, termasuk blackberry, blueberry, raspberry, dan lain-lain, penuh dengan antioksidan yang bagus untuk meningkatkan otak. Anda dapat membantu membalikkan efek penuaan pada otak dengan makan buah ini sekali sehari. Berries kadang-kadang disebut sebagai "super-buah" karena sebagian besar dari mereka mengandung fisetin dan flavenoid, yang besar untuk meningkatkan memori Anda dan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengingat peristiwa masa lalu. Sebuah makanan lezat dan bermanfaat bagi otak.

7. Kacang-kacangan dan Benih


semua jenis kacang Ini berarti kacang, hazelnut, kacang mete, almond, walnut, pecans, biji labu, biji bunga matahari, dan jenis lainnya kacang atau benih yang bisa Anda pikirkan, baik untuk otak Anda. Kacang-kacangan dan biji-bijian penuh dengan Omega-3 dan Omega-6 fatty acid, serta folat, vitamin E, dan vitamin B6. Semua nutrisi ini memungkinkan Anda untuk berpikir lebih jernih. Mereka juga membantu Anda berpikir lebih positif, karena Omega-3 dan Omega-6 fatty acid bekerja sebagai antidepresan alami. Beberapa biji-bijian dan kacang-kacangan juga penuh tiamin dan magnesium, yang besar untuk memori, fungsi kognitif, dan nutrisi otak.

8. Sayuran Hijau


Sayuran berdaun hijau seperti kol, kangkung, bayam, dan lain-lain, meskipun tidak sangat disukai oleh anak-anak, sangat baik untuk otak anak-anak dan orang dewasa. Sayuran ini sangat membantu ketika tiba saatnya untuk mengingat informasi lama dan proses seperti Anda hanya belajar itu kemarin. Hal ini karena makanan ini sering penuh dengan vitamin B6, B12, dan folat, yang merupakan senyawa yang besar diperlukan di dalam otak untuk mendobrak tingkat homosistein, yang dapat menyebabkan lupa dan bahkan penyakit Alzheimer. Sayuran ini seringkali sangat tinggi kandungan zat besi. Jika tidak ada zat besi, aktivitas kognitif melambat. Jadi ketika ibu selalu mendesak Anda untuk makan bayam Anda, sekarang Anda tahu mengapa: Sayuran adalah makanan yang baik untuk otak Anda.

9. Ikan


Makan ikan secara keseluruhan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda, terutama otak Anda. Ikan penuh Omega-3, yang merupakan asam lemak dikenal sangat bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai aspek. Makan satu porsi ikan seminggu dapat sangat mengurangi kemungkinan seseorang terkena penyakit Alzheimer. Asam lemak ini membantu dengan fungsi otak karena mereka melapisi neuron yang kadang-kadang memiliki lapisan asam lemak yang menjadi kaku karena kandungan tinggi kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh. Omega-3s akan melapisi neuron dengan lemak baik, yang memungkinkan mereka untuk bergerak dengan mudah di seluruh otak. Omega-3 juga menyediakan lebih banyak oksigen ke otak, serta memungkinkan seseorang untuk menyimpan informasi baru sementara masih mengingat informasi lama. Jenis ikan terbaik untuk anda makan bagi kesehatan otak adalah ikan salmon, tuna dan ikan haring.

10. Chocolate


Coklat terbuat dari bahan utama yaitu kakao, Para ilmuwan telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang ditemukan hanya dalam dua atau tiga sendok makan bubuk kakao jauh lebih kuat dibandingkan antioksidan yang ditemukan dalam makanan lain, seperti teh hijau atau anggur merah. Antioksidan utama yang ditemukan di kakao, yang dikenal sebagai flavonol, dikatakan untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Sementara coklat susu yang normal memiliki flavonol, Anda akan menemukan banyak hal dalam dark chocolate. Dan bukan berita besar untuk tahu bahwa cokelat baik untuk otak Anda.


{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment