10 Hal Menarik Tentang Negri Cina (RRC)

Posted by Muhammad Ridwan on Thursday, August 9, 2012

Republik Rakyat Cina juga disebut Republik Rakyat Tiongkok/RRT adalah sebuah negara komunis yang terdiri dari hampir seluruh wilayah kebudayaan, sejarah, dan geografis yang dikenal sebagai Cina. Sejak didirikan pada 1949, RRC telah dipimpin oleh Partai Komunis Cina (PKC). Sekalipun seringkali dilihat sebagai negara komunis, kebanyakan ekonomi republik ini telah diswastakan sejak tiga dasawarsa yang lalu. banyak hal menarik mengenai negeri Cina ini, Berikut 10 hal menarik mengenai negeri cina :

1. Negara Dengan Penduduk terbanyak


RRC adalah negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan populasi melebihi 1,3 miliar jiwa, yang mayoritas merupakan bersuku bangsa Han. RRC juga adalah negara terbesar di Asia Timur, dan ketiga terluas di dunia, setelah Rusia dan Kanada. RRC berbatasan dengan 14 negara: Afganistan, Bhutan, Myanmar, India, Kazakhstan, Kirgizia, Korea Utara, Laos, Mongolia, Nepal, Pakistan, Rusia, Tajikistan dan Vietnam.

2. Tentara Militer Terbanyak di dunia


Cina mempunyai pasukan tentara terbesar di dunia, meski ada kepercayaan umum baik di dalam kalangan Pasukan Pembebasan Rakyat (People's Liberation Army, PLA) maupun pengamat luar bahwa jumlah bukanlah ukuran kekuatan militer yang baik. PLA terdiri dari angkatan laut Cina dan angkatan udara. Fakta itu membuat membuatkan kebanyakan organisasi hak asasi manusia Barat merasa geram dan sangsi dengan kata-kata Cina yang menginginkan keamanan, sekalipun telah disetujui di dalam dan di luar Republik bahwa kemampuan tentara RRC melaksanakan operasi ketenteraan di luar kawasan jajahannya terbatas dan jumlah anggota tidak begitu berguna untuk menentukan kekuatan tentaranya. 

3. Salah Satu Negara multi Etnis Terbesar


Secara resmi RRC memandang dirinya sendiri sebagai bangsa multi-etnis dengan 56 etnisitas yang diakui. Mayoritas etnis Han menyusun hampir 93% populasi; bagaimanapun merupakan mayoritas dalam hanya hampir setengah daerah Cina. Penduduk bangsa Han sendiri heterogen, dan bisa dianggap sebagai kumpulan pelbagai etnik yang mengamalkan budaya dan bercakap bahasa yang sama.  Kebanyakan suku Han bertutur macam-macam bahasa Cina yang diucapkan, yang bisa dilihat sebagai 1 bahasa atau keluarga bahasa. Subdivisi terbesar bahasa Cina yang diucapkan ialah bahasa Mandarin.

4. Masakan Cina Yang Eksotis


Masakan Cina menggunakan bermacam-macam bahan, mulai dari rebung, akar bunga teratai, kastanya air (Eleocharis dulcis) sirip ikan hiu, sarang burung walet, daging kura-kura, lidah bebek, cakar beruang, lidah dan insang ikan, bunga lili, dan sebagainya. Hal ini membuat orang asing menganggap masakan Cina sebagai kuliner yang eksotis. Penyiapan masakan Cina untuk sehari-hari dapat singkat dan mudah, namun untuk acara formal bisa menjadi hidangan yang beragam dan meriah. Filosofi masakan Cina adalah makanan harus memuaskan selera dan melengkapi rasa, betapapun sederhana bahan-bahannya.

5. Kemajuan Pesat Olahraga Cina


Melihat kemajuan olahraga negara Cina dalam dua dasawarsa terakhir sungguh amat mencengangkan, negara berjuluk ‘Tirai Bambu’ itu telah menjelma menjadi salah satu kekuatan olahraga dunia saat ini. Parameter paling ideal untuk melihat kemajuan prestasi atlet-atlet Cina, tentunya di Olympic Games atau Olimpiade musim panas. Tonggak prestasi olahraga Cina dipancang di Olimpiade Los Angeles 1984, pasca Cina mendapatkan lagi keanggotaan di International Olympic Comitee (IOC), setelah terkucilkan di dunia olahraga selama berpuluh tahun. Puncaknya, Olimpiade Beijing 2008, menjadi momen penobatan Cina sebagai penguasa olahraga dunia. Keberhasilan memuncaki tabel medali Olimpiade, melahirkan pengakuan kepada Cina, betapa hebatnya mereka membangun prestasi olahraga. Tidak ada yang meragukan, di Olimpiade London 2012 nanti, Cina akan mampu mempertahankan supremasi mereka. Orang tak lagi melirik Amerika, Rusia, apalagi Jerman dan sebagainya.

6. Cina menghukum mati orang tiga kali lebih banyak dibandingkan semua negara lain di dunia.


Ada tiga kali lebih banyak orang dihukum mati di Cina dibandingkan di negara-negara lain dijadikan satu, demikian perkiraan minimal yang terbaru oleh pihak Amnesty Internasional. Badan ini di tahun 2008 mengkonfirmasi sebanyak 1.718 hukuman mati dari laporan berita dan catatan publik, tapi banyak lagi yang tidak dilaporkan. Beberapa analis mengatakan angkanya mungkin di atas 6.000. Jumlah sebenarnya dirahasiakan negara. Eksekusinya banyak yang dilaksanakan di jalanan di dalam mobil gerbong yang dijuluki van maut hasil rancangan Jinguan Motors. Mereka menyatakan eksekusi dengan van dan suntikan lebih beradab dibandingkan ditembak mati, lagipula si terhukum mati lebih cepat, lebih secara klinik dan lebih aman. Menurut mereka digantinya hukuman tembak dengan suntikan mati menandakan Cina sekarang “mempromosikan” hak asasi manusia.

7. Lebih dari 700 juta warga Cina minum air tercemar.


Cina berkontribusi terhadap 20% jumlah penduduk dunia, namun hanya memiliki 7% dari sumber air dunia. Celakanya lagi, menurut World Bank, 90% air tanah perkotaan dan 75% sungai dan danau sudah tercemar. Ini berarti 700 juta warga Cina minum air tercemar setiap harinya.

8. Setiap tahun di Cina menghabiskan 45 miliar sumpit.


Di Cina, setiap tahunnya, diperkirakan 45 miliar pasang sumpit dipakai dan dibuang sesudahnya. Itu sama dengan 1,7 juta m3 kayu atau 500 ribu pohon setiap tahunnya.

9. Lebih dari 50% barang palsu yang berada di masyarakat Eropa berasal dari Cina.


Sebanyak 54% barang yang melanggar hak cipta yang beredar di Eropa ternyata pemasok utamanya adalah Cina. CD/DVD merupakan peringkat pertama barang tiruan yakni sebanyak 79 juta keping, berarti 44% dari jumlah seluruh barang tiruan, diikuti oleh rokok (23%) dan pakaian serta pernak-pernik.

10. 200 juta warga Cina hidup dengan kurang dari 1 dollar per hari.


Yang termasuk ke dalam golongan miskin di Cina adalah warga yang penghasilannya di bawah 1,25 dollar per hari. Pada tahun 1981 angka rata-rata warga yang miskin adalah 64% dari total penduduk Cina. Angka ini turun jadi 10% di tahun 2004, berarti dalam rentang waktu 1981 – 2004 ada 500 juta warga yang berhasil keluar dari kemiskinan.





{ 1 comments... read them below or add one }

Unknown said...

it's unbelieveble

Post a Comment