10 Hal yang belum anda ketahui tentang mata anda

Posted by Muhammad Ridwan on Tuesday, July 3, 2012

semua indra yang kita miliki sangatlah penting dan merupakan anugrah dari yang maha kuasa, namun banyak yang berpendapat bahwa indra penglihatan adalah salah satu indra yang terpenting yang kita miliki. ya jika kita berhenti dan berfikir sejenak kita akan menyadari bahwa hampir semua yang kita lakukan dalam kehidupan sehai-hari melibatkan penglihatan kita. dalam artikel ini saya akan mencoba apakah kita dapat mulai sedikit lebih lanjut memikirkan tentang mata kita. berikut 10 daftar hal-hal aneh dan indah yang belum anda ketahui tentang mata anda : 

1. Setiap orang membutuhkan kacamata baca ketika usia mereka bertambah


Ini adalah asumsi bahwa Anda sudah memiliki penglihatan jarak sempurna. Jika Anda sedang membaca artikel ini dan berada pada usia di bawah 40 tahun dengan jarak penglihatan yang sempurna, saya bisa mengatakan dengan kepastian yang mutlak bahwa Anda akan memerlukan kacamata baca pada suatu saat di masa yang akan datang. Sekitar 99% dari populasi usia yang pertama kali anda mulai membutuhkan kacamata baca adalah antara 43 sampai 50 tahun. Hal ini karena lensa mata Anda perlahan-lahan kehilangan kemampuan fokus karena di makan usia.  Dalam rangka untuk memfokuskan hal dekat kepada Anda, lensa Anda harus berubah dari sebuah flat ke bentuk yang lebih bulat dan anda akan kehilangan kemampuan untuk melakukan hal ini saat usia bertambah. Ketika Anda menjadi sekitar 45 tahun Anda akan mulai memegang sesuatu lebih jauh dari Anda agar mereka tetap fokus.   

2. Lensa mata anda lebih cepat dari lensa kamera manapun


Tepat di belakang pupil terletak lensa mata alami yang fungsinya adalah fokus pada objek yang Anda lihat. Hanya luangkan waktu sebentar untuk melihat ke sekeliling ruangan dan berpikir tentang berapa banyak jarak yang berbeda yang dapat Anda fokuskan, Setiap kali Anda melakukan ini, lensa di mata Anda segera mengubah fokus tanpa Anda menyadarinya! Bandingkan dengan lensa kamera yang mengambil beberapa detik untuk fokus antara satu jarak dan lainnya. maka dari itu kita patut bersyukur bahwa lensa di mata Anda secepat itu.

3. Mata Anda sepenuhnya dikembangkan pada usia 7 tahun


Pada usia 7 tahun mata kita yang lama telah selesai dikembangkan dan secara fisiologis sama dengan mata orang dewasa. Untuk inilah alasan bahwa sangat penting untuk mengobati mata yang juling sebelum mencapai usia 7 tahun. semakin awal mata juling di diagnosis semakin besar kesempatan untuk dapat diobati, karena mata masih berkembang dan mampu mengalami perbaikan dalam penglihatan.

4. Kita berkedip sekitar 15.000 kali setiap hari


Berkedip adalah semi-spontan fungsi artinya kita melakukannya secara otomatis, tetapi juga dapat memilih untuk berkedip jika kita mengharuskan demikian. Berkedip adalah fungsi yang sangat penting dari mata Anda karena membantu menghilangkan kotoran pada permukaan mata Anda, dengan menyebarkan air mata segar di atas mata.  Air mata ini membantu untuk menyehatkan mata Anda dengan oksigen dan juga memiliki sifat penting anti bakteri. Anda dapat menganggap fungsi berkedip mirip dengan aksi wiper pada mobil Anda, membersihkan dan menghapus segala sesuatu untuk membuat Anda melihat dengan jelas.

5. Semua orang terkena katarak ketika mereka semakin tua


Orang tidak menyadari bahwa katarak hanya konsekuensi normal dari semakin tua dan setiap orang mendapatkannya pada suatu saat dalam hidup mereka. katarak sama halnya dengan rambut yang memutih pada usia tua yaitu hanya sebuah proses penuaan yang natural.

6. Diabetes sering pertama terdeteksi pada saat tes mata


Orang yang menderita diabetes tipe 2 (jenis yang Anda mengembangkan di kemudian hari) sering bebas dari gejala, yang berarti mereka sering tidak tahu bahwa mereka menderita diabetes. Penderita diabetes tipe 2 ini biasanya baru mengetahui bahwa ia terkena diabetes ketika tes mata, karena dapat dilihat ada pendarah  kecil pada pembuluh darah yang bocor di belakang mata.  Hal ini tentu merupakan alasan yang baik untuk anda agar memeriksakan mata anda secara teratur.

7. Kita Melihat dengan otak tidak dengan mata kita


Fungsi mata Anda adalah untuk mengumpulkan semua informasi yang diperlukan tentang obyek yang Anda lihat. Informasi ini kemudian disampaikan dari mata ke otak melalui saraf optik. Ini di merupakan otak (korteks visual) dimana semua informasi ini dianalisis untuk memungkinkan Anda untuk 'melihat' objek dalam bentuk jadi.

8. Mata Anda dapat beradaptasi dengan titik buta dalam penglihatan Anda


Kondisi mata tertentu seperti glaukoma dan kondisi kesehatan tertentu umum seperti mengalami stroke, dapat menyebabkan Anda mengembangkan titik buta dalam penglihatan Anda. Ini akan menjadi sangat melemahkan jika bukan karena otak dan kemampuan mata Anda untuk beradaptasi dengan membuat titik buta menghilang. Hal ini dilakukan dengan menekan titik buta pada mata yang terkena dampak dan membiarkan 'mengisi kekosongan' mata lainnya. adaptasi seperti ini yang membuat mata Anda menjadi tahan banting tahan banting.

9. Penglihatan 20:20 bukan penglihatan terbaik yang Anda dapat memiliki


Ketika orang mendengar penglihatan 20:20 mereka menganggap bahwa ini adalah penglihatan terbaik. Namun hal ini tidak benar sebagai penglihatan20:20 mengacu pada apa yang orang dewasa rata-rata seharusnya dapat melihat. Jika Anda membayangkan grafik uji mata khas penglihatan 20:20 mungkin hanya baris kedua dari bawah. Garis bawahnya adalah lebih kecil dari 20:20 penglihatan dan berarti Anda memiliki penglihatan 20:16. Jadi jangan terlalu terkesan setiap kali seseorang memberitahu Anda bahwa mereka memiliki penglihatan 20:20!.

10. Mata anda berair ketika kering


Saya tahu ini mungkin terdengar gila tapi ini adalah salah satu fakta aneh tentang mata Anda. Air matamu terdiri dari 3 komponen berbeda dan mereka adalah air, lendir dan lemak. Jika 3 komponen tidak persis dengan kuantitas yang tepat, mata Anda bisa menjadi kering sebagai konsekuensinya. Otak Anda merespon kekeringan ini dengan memproduksi air tambahan dan Oleh karena itu mata anda berair.





{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment