10 rasa ketakutan (fobia) manusia yang langka dan aneh

Posted by Muhammad Ridwan on Friday, January 13, 2012

Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Beberapa jenis fobia yang sering dijumpai adalah fobia terhadap ketinggian, hewan peliharaan, kegelapan dan reptil. Tetapi, mungkin anda tidak tahu bahwa ada beberapa jenis phobia yang langka dan agak aneh kedengarannya. Berikut 10 rasa ketakutan (fobia) manusia yang langka dan aneh:


1. Heliophobia

Para penderita heliophobia mereka ketakutan apabila terkena sinar matahari, mereka lebih memilih lebih sering tinggal di rumah pada malam hari dan keluar pada malam hari. Mirip sama vampire yahh

2. Clinophobia

Dari namanya saja mungkin kita belum pernah mendengar. Clinophobia adalah ketakutan seseorang untuk pergi ke tempat tidur. Penderita umumnya akan merasa cemas dan ketakutan saat akan ke tempat tidur. Bila kondisi ini berlanjut, penderita akan mengalami insomnia alias susah tidur.

3. Novercaphobia

Phobia ini unik karena penderita takut terhadap ibu tiri. Ketakutan ini muncul setelah penderita menonton film atau cerita tentang keburukan ibu tiri.

4. Alektorophobia

Phobia ini berhubungan dengan ayam. Penderita ketakutan akan hal hal yang berkaitan dengan ayam, mulai dari telur ayam, daging ayam, bulu ayam dan sebagainya. Bahkan pada beberapa kasus, mendengar kata ayam saja mereka sudah merinding



5.Amaxophobia

Penderita amaxophobia merasa ketakutan luar biasa saat mengendarai obyek yang bergerak seperti misalnya kendaraan. Mereka lebih senang menyendiri di rumah daripada bepergian dengan kendaraan.

6. Hedonophobia

Dapatkah kita membayangkan ada orang yang 'takut' akan kesenangan? Seorang hedonophobia merasakan perasaan bersalah bila bersenang senang. Perasaan ini muncul karena mereka terlalu memikirkan orang orang disekitarnya yang masih berkesusahan.


7.Pharmacophobia

Pharmacophobia adalah ketakutan berlebihan seseorang saat disuruh minum obat. Mereka akan berusaha sekuat tenaga menghindari obat obatan.

8.Scopophobia





Penderita fobia ini merasa ketakutan intens pada orang yang menatapnya. Mereka cenderung menghindri tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan.

9. Ephebiphobia

Ini adalah ketakutan melihat remaja. Penderitanya menghindari bioskop, taman, mal serta tempat yang biasanya ditemukan banyak remaja. Biasanya penderita memilih tinggal dalam rumah.

10.  Trichophobia

Penderita Trichophobia akan merasa sangat jijik dan takut saat melihat rambut yang rontok pada pakaian atau tempat lain. Pasien ini bisa berteriak-teriak histeris melihat rambut yang berceceran.














{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment